Cara Menghilangkan Jamur di Kaca Mobil Tidak Perlu Ke Bengkel

Cara Menghilangkan Jamur di Kaca Mobil Tidak Perlu Ke Bengkel

Terlihat sepele memang, tetapi apabila Kamu tidak mengetahui cara menghilangkan jamur di kaca mobil ternyata akan membuat kondisinya semakin parah. Bahkan akan membuat jumlah jamur banyak dan mengganggu Kamu ketika berkendara terutama di malam hari.

Penyebab Jamur di Kaca Mobil

Mobil menjadi salah satu kendaraan yang sudah umum digunakan sebagai mobilitas sehari-hari. Tetapi intensitas penggunaannya yang tinggi, ternyata dapat menimbulkan segudang masalah. Bukan hanya pada bagian mesinnya saja tetapi juga eksterior seperti kaca.

Padahal kaca pada mobil merupakan komponen yang sangat penting karena dapat digunakan sebagai pelindung panas ataupun hujan.

Di samping itu, juga menjadi salah satu faktor dimana akan menjamin keamanan maupun kenyamanan ketika sedang berkendara.

Salah satu masalah pada bagian mobil ini yang sering terjadi adalah jamur. Masalah tersebut biasanya terjadi karena mobil sering terkena paparan hujan, panas ataupun adanya perubahan cuaca.

Selain dapat mengurangi penampilan kendaraan kesayangan Kamu ternyata juga dapat mengganggu saat berkendara.

Disinilah pentingnya bagi Kamu agar mengetahui penyebab timbulnya jamur kaca mobil sehingga dapat meminimalisirnya.

1. Sisa Air Hujan

Ketika hujan sudah reda, pastinya akan menyisakan air hujan dimana masih menempel pada kaca kendaraan. Jika tidak segera dibersihkan, maka bekas air inilah akan sulit buat dihilangkan terutama kalau sudah kering dan terkena sinar matahari.

Nah, perlu diketahui bahwa sisa air hujan dimana sudah mengering itulah dapat mengakibatkan kaca berjamur. Terlebih lagi kalau sisanya berada di beberapa titik sekaligus.

Baca Juga : Mengapa Mobil Honda lebih Mahal daripada Suzuki, Avanza, Xenia?

2. Pengeringan Setelah Pencucian Kurang Sempurna

Penyebab dari masalah inipun ternyata dapat disebabkan karena proses pengeringan dari kendaraan yang tidak sempurna selama proses pencucian. Adapun secara umum, proses pengeringan kaca akan dilakukan dengan lap.

Tetapi kalau prosesnya sendiri kurang sempurna ternyata dapat meninggalkan sisa air. Sisa air itulah ternyata menjadi penyebab masalah ini pada kaca.

3. Perubahan Cuaca Dratis

Adanya perubahan cuaca drastis ternyata juga dapat menimbulkan masalah satu ini pada kaca kendaraan kesayangan Kamu. Perubahan cuaca disini adalah terjadi cukup ekstrim. Misalnya saja, saat Kamu berkendara ketika sinar matahari sangat terik, lalu satu jam kemudian berubah menjadi hujan deras.

4. Kualitas Air Untuk Mencuci Rendah

Terkadang faktor yang menimbulkan masalah satu inipun juga berasal dari kualitas air untuk mencuci. Perlu diingat bahwa penggunaan air tanah di beberapa daerah biasanya mempunyai kandungan kapur.

Kandungan kapur itulah mengakibatkan bercak jamur akan semakin membesar. Di samping itu, air tanah ternyata mempunyai unsur besi kuning sekaligus garam. Karena itulah ketika proses pencurian sebaiknya hindari air ini.

Baca Juga : Daftar Kisaran Pajak Honda B-RV

Cara Menghilangkan Jamur di Kaca Mobil

Apabila Kamu sedang mengalami masalah satu ini pada kaca kendaraan kesayangan, jangan khawatir. Sebaiknya jangan buru-buru membawanya ke bengkel dahulu.

Sebab beberapa cara menghilangkan jamur di kaca mobil berikut dapat digunakan buat menghilangkan masalah di atas.

1. Pasta Gigi

Cara pertama yang bisa digunakan buat menghilangkan jamur membandel pada bagian ini di kendaraan roda empat ini adalah pasta gigi. Selain digunakan buat gosok gigi, kandungan pasta gigi inipun dipercaya mampu menghilangkan jamur mobil dengan mudah, berikut ini panduannya:

  • Oleskan pasta gigi ke permukaan kaca secara merata
  • Tunggu hingga mengering
  • Setelah itu bilas menggunakan air bersih sambil digosok pakai kain lembut sehingga jamur hilang
  • Apabila sudah bersih, silahkan keringkan menggunakan kertas koran.

2. Baking Soda

Bahan untuk pembuatan makanan inipun memang dikenal mempunyai segudang manfaat loh termasuk buat membersihkan jamur membandel tersebut. Metode yang digunakan inipun tidak beracun maupun membahayakan tetapi hasilnya cukup efektif.

  • Silahkan campurkan baking soda dengan air hingga membentuk larutan
  • Taruh dalam botol semprotan dan semprotkan pada area tersebut.
  • Bersihkan dengan menggunakan lap lembut.

3. Alkohol

Alkohol juga dapat dijadikan sebagai penghilang masalah ini juga loh. Terlebih lagi didalamnya mempunyai kandungan berupa antiseptic sehingga sangat efisien untuk membersihkannya. Berikut ini panduan menggunakan alcohol ini.

  • Gunakan alkohol jenis 70 persen
  • Siapkan sehelai kain lembut
  • Basahi kain tersebut dengan alkohol
  • Gosokkan pada bagian berjamur hingga bersih
  • Lakukan proses pembilasannya.

4. Gunakan Pembersih Jamur Khusus Untuk Kaca Mobil

Apabila cara diatas masih belum berhasil untuk menghilangkan jamur membandel, jangan khawatir karena Kamu dapat menggunakan pembersih khusus untuk mobil. Kamu dapat menemukan keberadaan pembersih khusus ini di bengkel resmi ataupun e-commerce.

Ciri-ciri Jamur Pada Kaca Mobil

Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan dari jamur inipun tidak boleh dianggap sepele begitu saja jika tidak ingin kondisinya semakin parah. Adapun untuk mengetahui apakah kaca berjamur atau tidak sangat mudah.

Yakni apabila terdapat bercak-bercak putih pada kaca maka dapat mengindikasikan bahwa itu merupakan jamur. Biasanya terdapat pada bagian ujung dari kaca dan disamping itu, Kamu juga akan kesulitan berkendara di malam hari.

Ada berbagai macam masalah yang dapat timbul pada bagian mobil satu ini. Itulah mengapa pentingnya memahami cara menghilangkan jamur di kaca mobil tanpa perlu dibawa ke bengkel dahulu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

.

 

 

Website Ini Kami Sewakan

Silakan Hubungi +62 823-3319-7000