Penyebab Busi Mobil Cepat Mati

Penyebab Busi Mobil Cepat Mati

Kenapa busi mobil cepat mati padahal baru saja diganti dan busi mobil yang cepat habis ini adalah menjadi pertanda mesin mobil mengalami masalah.

Kemudian kondisi ini tentu dapat merugikan seseorang sebagai pengendara karena peran busi ini pada kendaraan memang sangat vital. Apalagi fungsinya sebagai pemercik api di dalam pembakaran.

Oleh sebab itu, jika terjadi masalah pada busi mobil ini tentu bisa mempunyai dampak pada kinerja mesin mobil yang bisa membuat mesin tidak bisa hidup atau bahkan tidak bisa dihidupkan sama sekali.

Pasalnya, jika mobil sulit dinyalakan hal ini menjadi salah satu tanda busi mulai lemah dan akan segera mati.

Apa itu Busi Mobil

Apa itu Busi Mobil?

Busi mobil adalah salah satu komponen mesin dalam kendaraan bermotor yang berfungsi untuk menciptakan percikan api listrik yang diperlukan untuk menghasilkan pembakaran bahan bakar dalam ruang bakar mesin.

Percikan api ini menghasilkan ledakan kecil yang menggerakkan piston dalam mesin, yang pada gilirannya menggerakkan roda kendaraan.

Busi mobil biasanya terbuat dari bahan konduktif yang tahan terhadap panas dan tekanan tinggi, dan perlu dirawat secara berkala untuk memastikan kinerjanya yang optimal dalam pembakaran bahan bakar.

Fungsi Busi Mobil

Fungsi Busi Mobil

Busi mobil ini mempunyai beberapa fungsi penting dalam mesin kendaraan bermotor adalah sebagai berikut ini :

1. Penciptaan Percikan Api

Fungsi utama busi adalah menciptakan percikan api listrik di dalam ruang bakar mesin. Percikan api ini adalah yang memulai proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara dalam mesin.

2. Pengontrolan Timing Pembakaran

Busi mengontrol timing atau waktu persis kapan campuran bahan bakar dan udara harus dibakar dalam silinder mesin. Ini penting untuk kinerja optimal dan efisiensi mesin.

Baca Juga : Gejala Transmisi Mobil bermasalah

3. Pemindah Daya

Busi membantu dalam pemindahan daya dari piston ke roda kendaraan. Ketika campuran bahan bakar dan udara terbakar, tekanan yang dihasilkan oleh ledakan ini mendorong piston ke bawah, yang kemudian menggerakkan crankshaft dan akhirnya menggerakkan roda kendaraan.

4. Pengaruh terhadap Emisi Gas Buang

Kualitas pembakaran yang baik yang dihasilkan oleh busi dapat mengurangi emisi gas buang yang berbahaya, seperti karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC).

5. Pengaruh terhadap Kinerja Mesin

Busi yang tepat akan memastikan kinerja mesin yang lebih baik, termasuk daya, torsi, dan efisiensi bahan bakar.

6. Mengurangi Getaran dan Kebisingan

Busi yang baik juga dapat membantu mengurangi getaran dan kebisingan yang dihasilkan oleh mesin.

Jenis Busi Mobil

Ada beberapa jenis busi mobil yang tersedia, dan pemilihan jenis busi yang tepat dapat memengaruhi kinerja mesin kendaraan. Beberapa jenis busi mobil yang umum digunakan adalah:

1. Busi Konvensional (Copper Core Spark Plugs) adalah jenis busi yang paling umum.

Busi ini memiliki inti tembaga di tengahnya yang menghantarkan listrik dengan baik. Busi ini cocok untuk sebagian besar kendaraan konvensional dan memiliki umur pakai yang baik.

2. Busi Iridium

Busi iridium memiliki elektroda pusat yang dilapisi dengan iridium, yang memiliki titik lebur yang sangat tinggi. Ini membuat busi iridium tahan terhadap keausan dan memungkinkan pembakaran yang lebih efisien. Busi iridium sering digunakan pada mesin modern yang membutuhkan kinerja tinggi.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda BRV

3. Busi Ganda (Double Platinum or Dual Platinum)

Jenis busi ini memiliki kedua elektroda (pusat dan luar) dilapisi dengan platinum. Ini memberikan daya tahan yang sangat baik dan kinerja yang baik.

4. Busi Nikel

Busi nikel adalah alternatif yang lebih ekonomis dengan elektroda yang dilapisi nikel. Busi ini cocok untuk kendaraan dengan mesin standar dan memiliki umur pakai yang wajar.

5. Busi Iridium dengan Elektroda Ganda (Iridium IX)

Busi ini menggabungkan keunggulan iridium dengan desain elektroda ganda. Ini meningkatkan kinerja dan umur pakai busi.

6. Busi Pemanasan (Heated Spark Plugs)

Busi ini memiliki elemen pemanas yang membantu memanaskan mesin diesel lebih cepat saat kondisi dingin. Mereka umum digunakan pada kendaraan diesel.

Penyebab Busi Mobil Cepat Mati

Busi mobil dapat cepat mati atau mengalami masalah karena mengalami penyebab busi mobil adalah sebagai berikut ini :

1. Keausan Normal

Busi adalah komponen yang mengalami keausan normal seiring penggunaan. Elektroda busi dapat terkikis dan elektroda pusat yang terbakar dapat menjadi tipis. Hal ini dapat mengurangi kemampuan busi untuk menciptakan percikan api yang kuat.

2. Penyumbatan Karbon

Akumulasi karbon di atas elektroda busi dapat terjadi dari waktu ke waktu, terutama jika kendaraan sering digunakan untuk perjalanan pendek atau berhenti-start. Karbon ini dapat menghalangi percikan api dan mengganggu kinerja busi.

Baca Juga : Penyebab Kopling Mobil Keras

3. Kontaminasi

Busi yang terkontaminasi oleh minyak mesin, bahan bakar, atau kotoran dapat mengalami masalah. Kontaminasi ini bisa terjadi saat terdapat kebocoran di sekitar busi atau saat mengganti busi dengan tidak benar.

4. Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Penggunaan bahan bakar berkualitas rendah atau bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan dapat memengaruhi kinerja busi. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dapat meningkatkan penumpukan karbon atau mengakibatkan pengendapan residu di busi.

5. Gap Elektroda yang Salah

Gap atau jarak antara elektroda busi yang tidak sesuai dengan spesifikasi produsen dapat mengganggu pembakaran yang efisien. Gap yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat memengaruhi kualitas percikan api.

6. Korosi

Busi yang terkena air atau kelembaban berlebihan dapat mengalami korosi. Korosi dapat merusak isolator busi dan mengganggu kinerjanya.

7. Masalah Elektrikal

Sistem pengapian yang bermasalah, seperti kabel busi yang rusak atau koil pengapian yang buruk, dapat mengakibatkan busi mati atau kinerjanya buruk.

8. Umur Busi

Busi memiliki umur pakai terbatas, dan jika sudah mencapai batas umur, mereka perlu diganti. Pemilik kendaraan perlu mengikuti jadwal penggantian busi sesuai rekomendasi produsen.

9. Masalah Mesin Lainnya

Masalah pada mesin seperti tekanan kompresi yang rendah, masalah katup, atau masalah lainnya dapat memengaruhi kinerja busi yang digunakan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.