Pengertian, Fungsi dan Cara Merawat Wiper Mobil

Pengertian, Fungsi dan Cara Merawat Wiper Mobil

Mungkin cara merawat wiper mobil adalah langkah yang paling mudah, tetapi krusial di saat musim penghujan. Pasalnya, sapuan wiper yang baik dapat memberikan pandangan maksimal. Hal ini lantaran karet wiper sekilas seperti komponen yang sepele pada mobil, padahal tugasnya sangat penting.

Jika kerja komponen ini terganggu atau mengalami masalah, maka bisa membuat kenyamanan dalam berkendara pun menjadi terganggu.

Oleh sebab itu, Anda harus merawat wiper mobil ini supaya selalu awet terutama di bagian karetnya. Apalagi karet wiper yang bisa mengeras ini dapat memberikan daya pandang yang tidak maksimal ketika hujan dan bisa menimbulkan kaca depan menjadi baret.

Pengertian Wiper Mobil
hondabintangmadiun.co.id

Pengertian Wiper Mobil

Wiper mobil adalah perangkat yang terdapat pada kendaraan bermotor, seperti mobil, yang digunakan untuk membersihkan kaca depan atau belakang dari air hujan, debu, atau kotoran lainnya.

Kemudian wiper mobil biasanya terdiri dari lengan yang bergerak dan pisau karet yang berfungsi untuk menggesek permukaan kaca dan menghapus cairan atau kotoran. Pengemudi dapat mengendalikan wiper mobil melalui sakelar di dalam kendaraan untuk menjaga visibilitas selama berkendara dalam kondisi cuaca buruk.

Fungsi Wiper Mobil

Fungsi wiper mobil sangat penting untuk menjaga keamanan dan visibilitas selama berkendara, terutama dalam kondisi cuaca buruk seperti hujan, salju, atau kabut. Berikut ini adalah beberapa fungsi wiper mobil:

1. Menghapus Air Hujan

Wiper mobil menghapus air hujan dari kaca depan dan belakang kendaraan, sehingga pengemudi dapat melihat dengan jelas melalui jendela.

Baca Juga : Penyebab Busi Mobil Cepat Mati

2. Membersihkan Debu dan Kotoran

Wiper juga digunakan untuk menghilangkan debu, kotoran, dan serpihan lain yang bisa menempel pada kaca, yang dapat mengganggu visibilitas.

3. Meningkatkan Keselamatan

Dengan menjaga kaca kendaraan tetap bersih dan jernih, wiper membantu mengurangi risiko kecelakaan karena visibilitas yang buruk.

4. Menjaga Kaca Jernih

Wiper juga membantu mencegah terbentuknya embun atau kerak es pada kaca, yang dapat mengganggu visibilitas.

5. Memudahkan Berkendara Malam Hari

Selain kondisi cuaca buruk, wiper juga membantu membersihkan kaca dari cahaya lampu kendaraan lain yang dapat menyilaukan pengemudi saat berkendara di malam hari.

6. Penggunaan Manual

Pengemudi dapat mengendalikan kecepatan dan interval wiper sesuai dengan kebutuhan mereka, sehingga wiper memberikan fleksibilitas dalam menjaga visibilitas.

Jadi, fungsi utama wiper mobil adalah menjaga kaca kendaraan tetap bersih dan jernih untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Cara Merawat Wiper Mobil

Merawat wiper mobil dengan baik penting untuk memastikan kinerjanya yang optimal dan memperpanjang umur pakainya. Berikut adalah beberapa cara merawat wiper mobil:

1. Bersihkan Kaca dan Wiper Secara Berkala

  • Bersihkan kaca depan dan belakang kendaraan secara berkala untuk menghindari penumpukan kotoran yang dapat merusak pisau wiper.
  • Periksa dan bersihkan pisau wiper dengan kain bersih yang dibasahi dengan sedikit cairan pembersih kaca. Pastikan tidak ada kotoran atau debu yang menempel pada pisau wiper.

2. Hindari Penggunaan Wiper pada Kaca Kering

  • Jangan mengaktifkan wiper pada kaca yang kering. Ini dapat menyebabkan gesekan berlebihan pada pisau wiper dan merusaknya.

3. Gantilah Pisau Wiper Secara Teratur

  • Pisau wiper memiliki umur pakai terbatas. Gantilah pisau wiper saat Anda melihat tanda-tanda aus seperti garis-garis atau bercak saat membersihkan kaca.
  • Pastikan untuk memilih pisau wiper berkualitas yang sesuai dengan merek dan model kendaraan Anda.

4. Periksa Tekanan dan Cairan Washer

  • Pastikan sistem semprotan air (washer) berfungsi dengan baik dan cairannya mencukupi. Sistem ini membantu wiper membersihkan kaca dengan lebih efektif.
  • Periksa tekanan air washer dan pastikan nozzle semprotan air tidak tersumbat.

Baca Juga : Gejala Transmisi Mobil bermasalah

5. Lindungi Wiper dari Suhu Ekstrem

  • Jika kendaraan terpapar suhu ekstrem, seperti saat terjadi pembekuan, angkat pisau wiper dari kaca untuk mencegah keduanya melekat.

6. Hindari Mencabut atau Mendorong Wiper Secara Paksa

  • Jangan mencabut atau mendorong wiper secara paksa saat mereka terhenti di tengah pergerakan. Ini dapat merusak motor atau mekanisme wiper.

7. Simpan Kendaraan dalam Ruangan

  • Jika memungkinkan, simpan kendaraan dalam garasi atau tempat yang terlindung untuk melindungi wiper dari cuaca ekstrem.

Yuk temukan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara bersama kami! Kontak kami sekarang dan temukan berbagai pilihan mobil terbaik dengan penawaran istimewa yang siap membuat perjalanan Anda lebih menyenangkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.